Tugas-Tugas Universitas Gunadarma

Berlangganan

Makalah Ilmu Sosial Dasar Meme





Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah yang saya buat ini dapat dipergunakan sebagai salah satu referensi tambahan kalian maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan maupun pelajar atau mahasiswa.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembacanya, sehingga saya dapat melihat kemudian bisa memperbaiki makalah ini dari bentuk maupun isinya untuk dapat memberikan informasi yang lebih baik lagi kedepannya.
Tentu makalah yang saya buat ini masih banyak kekurangannya karena pengalaman yang saya miliki juga sangat minim, namun dengan kurangnya pengalaman maupun pengetahuan saya, saya mengambil referensi dari website ataupun dari buku-buku untuk memberikan informasi yang lebih valid lagi. Semoga makalah yang saya berikan ini dapat bermanfaat.




Bekasi 17 Januari 2016




Bobby Valentino




i



BAB I
PENDAHULUAN

1.           Latar Belakang
Hampir di setiap negara di belahan dunia , hiburan di dunia maya  dianggap sebagai penghibur melalui teknlogi gadget . Termasuk di indonesia, para netizen ( orang yang memakai internet ) termasuk di dunia maya banyak sekali hiburan yang di minati , salah satunya adalah Meme (di baca mim) dan meme awalnya dibuat sebagai bahan ejekan / lelucon , biasanya meme dapat berbentuk seperti foto dan di isi dengan kata kata lucu / sindiran .
Meme ini sendiri di ciptakan oleh Whyne yang awalnya DevianART , baru masuklah meme ke indonesia. Meme Comic Indonesia adalah sebuah komunitas meme terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1,7 juta member. Meme Comic Indonesia memulai debutnya di tahun 2012 melalui sebuah facebook fanpage yang dinamakan Meme Comic Indonesia.
Pada Akhir tahun 2014, Meme Comic Indonesia bekerja sama dengan penerbit Loveables dan penulis Widya Arifianti, mengeluarkan buku berjudul “If You Know What Happened in MCI”, yang isinya tentang keseharian kocak para admin Meme Comic Indonesia dan upaya-upaya mereka mengembangkan komunitas meme terbesar di Indonesia. Buku ini menjadi buku legendaris yg masuk ke dalam kategori Best Seller di berbagai toko buku online maupun Gramedia seluruh Indonesia. Kamu yg berhasil mendapatkannya bisa dibilang kebalikan Bad Luck Brian.





2.           Tujuan
Menjadi bahan perhatian bersama segenap pihak, termasuk di antaranya para abg atau anak muda jaman sekarang yang memerlukan hiburan menarik. Namun, perlu adanya langkah-langkah strategis dan sinergis dalam  menyelesaikan berbagai permasalahan khususnya pada meme yang mungkin tidak layak atau tidak pantas untuk di sebarkan.
3.           Sasaran
Permasalahan atau konflik yang sering terjadi di berbagai kalangan terlebih lagi saat ini “Meme” yang biasanya ditujukan untuk hiburan justru malah melenceng. Untuk itu, ini menjadi tugas masing-masing pihak baik itu orang tua maupun anak-anak muda dalam menangani hal negatif yang kerap terjadi oleh Meme tersebut.



 Bab II
PERMASALAHAN

Meme adalah sebuah fenomena Internet atau dunia maya yang masih terus berkembang. Tujuan Meme sendiri sebenarnya beragam namun lebih dominan untuk menghibur. Meme adalah sebuah fenomena Internet atau dunia maya yang masih terus berkembang. Tujuan Meme sendiri sebenarnya beragam namun lebih dominan untuk menghibur. Namun yang terjadi belakangan ini, keberadaan Fan Page meme di Facebook yakni (Meme Comic Indonesia dan Meme Rage Comic Indonesia) menjadi sorotan karena beberapa postingan yang ditampilkan justru keluar dari apa yang disebut sebagai "Hiburan".
Bayangkan, jika sebuah postingan "meme" selalu membahas tentang seksualitas, perilaku menyimpang yang melibatkan anak dibawah umur (terutama percintaan) dan ditampilkan secara eksplisit, konflik SARA, penghinaan terhadap individu, dan juga beberapa unsur negatif yang hakikatnya bukan untuk konsumsi publik. Tentu hal yang justru menyimpang ini perlu peran serta berbagai pihak dalam menanganinya. Berikut ini beberapa cara dalam menghadapi hal menyimpang tersebut.

1.     Strength
a.      Orang tua memiliki peran besar terhadap aktifitas anak dalam mengakses internet.
b.     Anak memiliki kebebasan untuk menentukan apa yang ingin di akses dalam berinternet.
c.      Anak memiliki kewenangan untuk mengatur aktivitasnya sendiri.
d.     Anak jadi dapat berkreasi dalam dunia hiburan khususnya mengedit gambar agar menjadi lucu sesuai minatnya sendiri.
2.     Weaknes
a.    Minimnya aktifitas yang bersifat positif untuk di jadikan hiburan dalam membuat Meme yang baik.
b.   Kurangnya skill dalam membuat Meme sehingga banyak yang memanfaatkan foto atau gambar yang jadi.
c.    Orang tua kurang memiliki pengetahuan terhadap Meme.
d.   Orang tua kurang memahami berbagai resiko maupu bahaya terhadap Meme yang menyimpang.

3.     Opportunity
a.      Kerjasama pemerintah dengan author Meme yang mampu menghibur masyarakat.
b.     Program Meme berbasis gambar ini sudah lama diterapkan di Media Sosial.
c.      Program Meme Comic Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak.
d.     Adanya program positif dari pihak Meme Comic Indonesia yang memiliki focus pada pembinaan kemasyarakatan khusus nya anak muda. Hal ini bisa menjadi peluang kerja sama berbagai pihak untuk menyelenggarakan aktivitas positif

4.     Threat
a.      Maraknya tayangan Meme yang mengeksploitasi anak di bawah umur
b.     Banyaknya tayangan Meme yang menonjolkan sisi seksualitas.
c.      Tidak adanya hukuman terhadap Meme yang bersifat negatif atau menyimpang.
d.     Lemahnya perhatian masyarakat terhadap kualitas Meme Comic Indonesia yang menjadi hiburan di media sosial.









Bab III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

B. Kesimpulan dan rekomendasi
1.  Kesimpulan
a.       Perlu adanya upaya peningkatan pemahaman pola kembang Meme bagi semua pihak.
b.       Perlu adanya komunikasi intens antara pihak author Meme dengan masyarakat sekaligus pemerintah.
c.       Perlunya upaya pengawasan terhadap media sosial yang melakukan eksploitasi anak di bawah umur.
d.       Perlu adanya dukungan materil maupun imateril untuk peningkatan kualitas Meme yang bersifat menghibur.
e.       Perlu adanya pemberdayaan masyarakat sehingga tidak ada ketimpangan sosial yang memicu keributan.
2. Rekomendasi
a.    Orang tua harus lebih meningkatkan pengetahuan internet khususnya pada media sosial.
b.    Orang tua perlu meningkatkan pengetahuannya terhadap Meme yang ada di media sosial.
c.    Pihak author Meme lebih difokuskan pada pembinaan kepribadian anak dibawah umur atau anak muda dibanding event-event hiburan yang cenderung memancing keributan dan permusuhan.
d.    Pemerintah perlu membuat program nasional penanganan khusus media sosial terhadap aktifitas Meme yang mengarah pada pelecehan individual maupun seksualitas.