Kata Pengantar
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat dan
Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam
bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah yang saya buat ini
dapat dipergunakan sebagai salah satu referensi tambahan kalian maupun pedoman
bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan maupun
pelajar atau mahasiswa.
Harapan
saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembacanya, sehingga saya dapat melihat kemudian bisa memperbaiki makalah ini
dari bentuk maupun isinya untuk dapat memberikan informasi yang lebih baik lagi
kedepannya.
Tentu
makalah yang saya buat ini masih banyak kekurangannya karena pengalaman yang
saya miliki juga sangat minim, namun dengan kurangnya pengalaman maupun
pengetahuan saya, saya mengambil referensi dari website ataupun dari buku-buku
untuk memberikan informasi yang lebih valid lagi. Semoga makalah yang saya
berikan ini dapat bermanfaat.
Bekasi
17 Januari 2016
Bobby Valentino
Bobby Valentino
i
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Hampir di setiap negara di belahan dunia , hiburan di dunia
maya dianggap sebagai penghibur melalui
teknlogi gadget . Termasuk di indonesia, para netizen ( orang yang memakai
internet ) termasuk di dunia maya banyak sekali hiburan yang di minati , salah
satunya adalah Meme (di baca mim) dan meme awalnya dibuat sebagai bahan ejekan
/ lelucon , biasanya meme dapat berbentuk seperti foto dan di isi dengan kata
kata lucu / sindiran .
Meme ini sendiri di ciptakan
oleh Whyne yang
awalnya DevianART , baru masuklah meme ke indonesia. Meme Comic Indonesia adalah sebuah komunitas meme terbesar di
Indonesia dengan lebih dari 1,7 juta member. Meme Comic Indonesia memulai
debutnya di tahun 2012 melalui sebuah facebook fanpage yang dinamakan Meme
Comic Indonesia.
Pada Akhir tahun 2014, Meme Comic Indonesia bekerja sama
dengan penerbit Loveables dan penulis Widya Arifianti, mengeluarkan buku
berjudul “If You Know What Happened in MCI”, yang isinya tentang keseharian
kocak para admin Meme Comic Indonesia dan upaya-upaya mereka mengembangkan
komunitas meme terbesar di Indonesia. Buku ini menjadi buku legendaris yg masuk
ke dalam kategori Best Seller di berbagai toko buku online maupun Gramedia
seluruh Indonesia. Kamu yg berhasil mendapatkannya bisa dibilang kebalikan Bad
Luck Brian.
2.
Tujuan
Menjadi
bahan perhatian bersama segenap pihak, termasuk di antaranya para abg atau
anak muda jaman sekarang yang memerlukan hiburan menarik. Namun, perlu adanya langkah-langkah
strategis dan sinergis dalam menyelesaikan berbagai permasalahan khususnya
pada meme yang mungkin tidak layak atau tidak pantas untuk di sebarkan.
3.
Sasaran
Permasalahan
atau konflik yang sering terjadi di berbagai kalangan terlebih lagi saat
ini “Meme” yang biasanya ditujukan untuk hiburan justru malah melenceng. Untuk
itu, ini menjadi tugas masing-masing pihak baik itu orang tua maupun anak-anak
muda dalam menangani hal negatif yang kerap terjadi oleh Meme tersebut.
Bab II
PERMASALAHAN
Meme adalah sebuah
fenomena Internet atau dunia maya yang masih terus berkembang. Tujuan Meme
sendiri sebenarnya beragam namun lebih dominan untuk menghibur. Meme adalah sebuah fenomena Internet atau dunia
maya yang masih terus berkembang. Tujuan Meme sendiri sebenarnya beragam namun
lebih dominan untuk menghibur. Namun yang terjadi belakangan ini, keberadaan Fan Page
meme di Facebook yakni (Meme Comic Indonesia dan Meme Rage Comic Indonesia)
menjadi sorotan karena beberapa postingan yang ditampilkan justru keluar dari
apa yang disebut sebagai "Hiburan".
Bayangkan, jika sebuah postingan "meme" selalu membahas tentang
seksualitas, perilaku menyimpang yang melibatkan anak dibawah umur (terutama
percintaan) dan ditampilkan secara eksplisit, konflik SARA, penghinaan terhadap
individu, dan juga beberapa unsur negatif yang hakikatnya bukan untuk konsumsi
publik. Tentu hal yang justru menyimpang ini
perlu peran serta berbagai pihak dalam menanganinya. Berikut ini beberapa cara dalam menghadapi hal menyimpang tersebut.
1. Strength
a. Orang
tua memiliki peran besar terhadap aktifitas anak dalam mengakses internet.
b. Anak memiliki
kebebasan untuk menentukan apa
yang ingin di akses dalam berinternet.
c. Anak memiliki kewenangan
untuk mengatur aktivitasnya sendiri.
d. Anak jadi dapat berkreasi dalam dunia hiburan khususnya
mengedit gambar agar menjadi lucu sesuai minatnya sendiri.
2. Weaknes
a. Minimnya aktifitas yang bersifat positif untuk di jadikan
hiburan dalam membuat Meme yang baik.
b. Kurangnya skill dalam membuat Meme sehingga banyak yang
memanfaatkan foto atau gambar yang jadi.
c. Orang
tua kurang memiliki pengetahuan terhadap Meme.
d. Orang
tua kurang memahami berbagai resiko maupu bahaya terhadap Meme yang menyimpang.
3. Opportunity
a. Kerjasama pemerintah dengan author Meme yang mampu
menghibur masyarakat.
b. Program
Meme berbasis gambar ini sudah lama diterapkan di Media Sosial.
c. Program
Meme Comic Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari
berbagai pihak.
d. Adanya
program positif dari pihak Meme Comic
Indonesia yang memiliki focus pada pembinaan
kemasyarakatan khusus nya anak muda.
Hal ini bisa menjadi peluang kerja sama berbagai pihak untuk menyelenggarakan
aktivitas positif
4. Threat
a. Maraknya
tayangan Meme
yang mengeksploitasi anak di bawah umur
b. Banyaknya
tayangan Meme yang menonjolkan sisi
seksualitas.
c. Tidak adanya hukuman terhadap Meme yang bersifat negatif
atau menyimpang.
d. Lemahnya
perhatian masyarakat
terhadap kualitas Meme Comic
Indonesia yang menjadi hiburan di media sosial.
Bab
III
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
B. Kesimpulan dan
rekomendasi
1. Kesimpulan
a.
Perlu adanya upaya
peningkatan pemahaman pola kembang Meme
bagi semua pihak.
b.
Perlu adanya komunikasi
intens antara pihak author Meme
dengan masyarakat sekaligus pemerintah.
c.
Perlunya upaya
pengawasan terhadap media sosial
yang melakukan eksploitasi anak di bawah umur.
d.
Perlu adanya dukungan
materil maupun imateril untuk peningkatan kualitas Meme yang bersifat menghibur.
e.
Perlu adanya
pemberdayaan masyarakat sehingga tidak ada ketimpangan sosial yang memicu
keributan.
2.
Rekomendasi
a. Orang
tua harus lebih meningkatkan pengetahuan internet khususnya pada media sosial.
b. Orang tua
perlu meningkatkan pengetahuannya terhadap Meme yang ada di media sosial.
c.
Pihak
author Meme
lebih difokuskan pada pembinaan kepribadian anak dibawah umur atau anak
muda
dibanding event-event hiburan yang cenderung memancing keributan dan
permusuhan.
d.
Pemerintah perlu membuat program nasional
penanganan khusus media sosial terhadap aktifitas Meme yang mengarah pada pelecehan individual
maupun seksualitas.